Salamkanci, 24/7/18

Selama 2 ( dua ) hari penuh mulai senin tanggal 23-24 Juli 2018 dilaksanakan pelatihan penanggulangan bencana untuk angkatan I bertempat di Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang Sawitan Kota Mungkid.

Sebanyak 50 peserta dari 10 desa utusan di wilayah rawan bencana tanah longsor hadir untuk mendapatkan materi tentang bencana geologi, peningkatan kapasitas relawan, PPGD serta penguatan kelembagaan dan praktek memasak untuk penanganan pengungsi dengan memakai peralatan besar.

Desa Salamkanci Kecamatan Bandongan adalah sebuah wilayah di dataran pegunungan sumbing yang notabene termasuk daerah rawan longsor sehingga pada kesempatan kali ini berkenan mengikuti acara pelatihan penangulangan bencana angkatan I.

Dalam sambutannya Ratna Yulianty, SH, MH menuturkan bahwa selama ini penguatan kapasitas masyarakat difokuskan ke arah wilayah Gunung Merapi namun sebenarnya daerah-daerah yang berada di wilayah pegunungan Sumbing, Merbabu, Andong, dan perbukitan Menoreh juga harus mendapatkan perhatian karena daerah-daerah tersebut berpotensi terjadi bencana geologi seperti tanah longsor maupun banjir, paparnya.

Dalam peningkatan kapasitasnya para peserta diajarkan untuk lebih mengenal lingkungan dimana mereka tinggal setelah itu pemupukan jiwa kerelawanan harus bisa disemai agar ke depan rasa kepedulian terhadap bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Magelang khususnya dan indonesia pada umumnya bisa diatasi bukan hanya oleh pemerintah saja namun masyarakat dapat berperan serta dalam penanganannya. ( admin )